Bagus Blog of Fisheries

Lets Improve Our Fisheries and Marine

Get Connected

Beri Makan Ikan


    Free Automatic Backlink 1000 Backlinks Free 100K Backlinks Backlinks Center Free SEO Backlinks Instant Backlinks SEO Bookmarks Dofollow Backlinks Premium Backlinks Top SEO Backlinks 1000 Backlinks Free Auto Backlinks Dofollow Backlinks Text Back Links Exchanges MAJLIS LINK: Do Follow BacklinkLink Portal Teks TVAutoBacklinkGratisjapanese instant free backlink Free Plugboard Link Banner ButtonFree Automatic Backlink Service Free Backlink Service, Links Building 4 Free Free Backlink Services Free Automatic Backlink Best Backlinks daily Bookmarks Free 1000 Backlinks Auto Dofollow Backlinks Backlinks Builder Dofollow Backlinks Free Hundred Backlinks Submit Your Site To The Web's Top 50 Search Engines for Free! Submit ExpressSEO Tools Dental Assistant DirectoryAziende Resource Direktori Indonesia WoW Range Best Web Directory

Maskoki, Primadona Ikan Hias Sepanjang Masa

diposting oleh bagusrn-fpk09 pada 09 October 2011
di Perikanan - 0 komentar

Ikan maskoki memiliki nama ilmiah Carasius auratus,Tubuh ras yang asli seperti ikan karper, tetapi setelah dikawin silangkan jadi membulat. Panjangnya dapat mencapai 20 cm, termasuk ekornya yang panjang.

Sebenarnya terdapat satu jenis ikan dalam satu marga, namun karena terjadinya mutasi dan kawin silang maka timbul bermacam – macam varian ikan maskoki.

Status konservasi tidak tercatat. Berasal dari Cina. Yang pertama berwarna hitam seperti halnya ikan karper. Sebagai ikan hias, maskoki tersebar di seluruh penjuru dunia.

Maskoki adalah ikan omnivora, pecinta damai dan bertelur di dasar dengan jumlah lebih dari 1000 butir. Ikan ini merupakan salah satu jenis ikan hias yang tetap bersinar sampai sekarang.

Mulai dijinakkan sejak tahun 960 -  1279 jaman Dinasti Sung di Cina. Perkembangannya di masa Dinasti Ming ( 1368 – 1644 ) menjadikan ikan ini sangat beragam. Sampai sekarang sudah beratus jenis ikan maskoki dihasilkan oleh Cina. Maskoki juga berkembang pesat di Jepang, sekitar 1500-an semasa shogun berkuasa. Ikan ini masuk pertama kali ke Amerika sekitar 1876 yang kemudian juga menghasilkan beragam varian seperti kokitosa dan komet yang lahir melalui persilangan.

Berikut ini adalah beberapa varian ikan maskoki yang paling terkenal :

  1. Wakin, Maskoki biasa. Panjang sekitar 17 – 20 cm. Ikan ini merupakan mutasi langsung dari krusian merah. Wakin lahir di Cina.
  2. Ekor Kipas. Berasal dari Jepang, dari daerah Ryukyu, sehingga disebut ikan maskoki ryukin.
  3. Ekor Rumbai. Berasal dari Amerika. Di Indonesia biasa dibeut kokitosa.
  4. Oranda. Di Indonesia disebut ikan maskoki panser, merupakan hasil mutasi dari ekor kipas.
  5. Lionhead, merupakan salah satu strain jenis ikan ranchu yang sudah ada di Jepang sejak 1704. Ikan ini sering disebut ikan ranchu atau kepala singa.
  6. Sisik Mutiara, yaitu maskoki yang mempunyai sisik yang terlihat jelas.
  7. Mata Balon, Sesuai namanya, ikan ini mempunyai mata yang besar, diperkirakan lahir dari jenis maskoki calestial.
  8. Kaliko, merupakan jenis yang mempunyai banyak warna. Gabungan warna kuning, hitam, merah dan putih. Jenis ini dihasilkan pada 1912 di Jepang.
  9. Teleskop. Memiliki mata yang keluar seperti teleskop. Berasal dari Cina. Diduga ikan ini hasil persilangan dengan ikan ryukin dari Jepang.

10.  Blackmoor. Sosoknya persis ikan maskoki ekor rumbai tetapi berwarna hitam pekat. Diperkirakan merupakan mutasi dari wakin.

11.  Shubukin. Bentuk ekornya menyerupai ikan mas konsumsi. Ikan ini dihasilkan di Jepang oleh Kichiro Akiyama pada 1900. Ikan inilah yang akhirnya menghasilkan jenis komet yang juga laku keras di pasar ikan hias Indonesia.

Tinggalkan Komentar

Nama :
E-mail :
Web : tanpa http://
Komentar :
Verification Code :   
   

Pengunjung

    811.400