Bagus Blog of Fisheries

Lets Improve Our Fisheries and Marine

Get Connected

Beri Makan Ikan


    Free Automatic Backlink 1000 Backlinks Free 100K Backlinks Backlinks Center Free SEO Backlinks Instant Backlinks SEO Bookmarks Dofollow Backlinks Premium Backlinks Top SEO Backlinks 1000 Backlinks Free Auto Backlinks Dofollow Backlinks Text Back Links Exchanges MAJLIS LINK: Do Follow BacklinkLink Portal Teks TVAutoBacklinkGratisjapanese instant free backlink Free Plugboard Link Banner ButtonFree Automatic Backlink Service Free Backlink Service, Links Building 4 Free Free Backlink Services Free Automatic Backlink Best Backlinks daily Bookmarks Free 1000 Backlinks Auto Dofollow Backlinks Backlinks Builder Dofollow Backlinks Free Hundred Backlinks Submit Your Site To The Web's Top 50 Search Engines for Free! Submit ExpressSEO Tools Dental Assistant DirectoryAziende Resource Direktori Indonesia WoW Range Best Web Directory

Kegunaan Terumbu Karang Bagi Ekosistem

diposting oleh bagusrn-fpk09 pada 14 October 2011
di Bahan Kuliah - 0 komentar

Coral terlihat seperti surga lautan. Makhluk air tidak akan hidup jika tidak ada terumbu karang. Untuk sampai ke kondisi yang sekarang, terumbu karang membutuhkan waktu berjuta tahun. Tergantung dari jenis, dan kondisi perairannya, terumbu karang umumnya hanya tumbuh beberapa mm saja per tahunnya. Terumbu karang merupakan tempat tinggal atau tempat persembunyian bagi semua ikan. Terdapat ribuan spesies yang hidup di kawasan terumbu karang. Namun hanya sebagian yang menghasilkan kalsium karbonat pembentuk terumbu. Organisme pembentuk terumbu yang terpenting adalah hewan karang. Jika salah satu larva terumbu karang bertahan hidup maka akan membentuk terumbu karang baru yang akan berkembang dan mengeras. Panjang tumbunya karang adalah 15 cm setiap tahun. Ketika air membawa zat-zat makanan atau parikel hewan renik, para ikan akan bergerumpul ketempat diman air tersebut terapat sumber makanan. Terumbu karang hanya ditemukan di lautan tropis yang hangat dan jernih.

 Terumbu karang berada dasar lautan yang dangkal dan masih dapat tertembus sinar matahari. Banyak terumbu karang yang hidup pada daerah ini. Hal ini dikarenakan pada permukaan terumbu karang, dihasilkan banyak alga dan itu hampir 98%. Alga membutukan sinar matahari untuk berfotosintesis dan membuat makanan untuk terumbu karang. Sedangkan pada malam hari. Terumbu karang mengeluarkan tentakel untuk menghisap air yang dipenuhi dengan plankton.Terumbu karang ini mempunyai sel yang sigap terhadap makanan. Apabila tube feet mendapatkan sinyal makanan. Maka tube feet langsung bergerak kearah polip untuk menyalurkan makanan.Tidak hanya terumbu karang yang hidup pada malam hari, tetapi disertai juga basket star yang muncul secara merambat dari arah terumbu karang. Dan melebarkan tentakel tentakelnya untuk mencari makan.

Proses pemijahan terumbu karang secara seksual akan terjadi pada akhir bulan purnama. Yang menghasilkan berjuta juta sel sperma dan sel ovum. Beberapa spesies terumbu karang dapat menghasilkan sel ovum dan sperma secara bersamaan. Tetapi ada juga yang hanya menghasilkan sperma saja dan ovum saja.

Di dalam terumbu karang terdapat polip. Pada malam hari ketika polip membesar, akan terjadi penambahan rangka karang dibawahnya. Beberapa karang di laut merupakan tempat incaran bagi predator, karena di dalam karang banyak hewan laut yang bersembunyi dan bertempat tinggal di karang tersebut. Beberapa terumbu karang digunakan sebagai tempat hidup spesies crustacean. Kelompok crustacean ini membuat koloni hampir sama seperti lebah. Beberapa species ikan membutuhkan terumbu karang sebagai tempat berlindung. Tetapi sebagian juga ada yang membutuhkan terumbu karang untuk di konsumsi. Para spesies ikan tertentu memakan alga yang berada pada permukaan terumbu karang. Seperti halnya ikan kakaktua yang memakan bebatuan. Ikan kakaktua ini mampu mencuil terumbu karang menjadi bongkahan bongkahan kecil. Dan kemudian dikeluarkan seketika menjadi pasir pasir di dalam lautan. Yang kemudian membentuk dasar lautan serta pingiran pantai, ataupun menjadi sebuah pulau yang daur kesuburannya dibantu oleh burung guano. Terumbu karang dapat hancur seketika ketika badai datang.

Terumbu karang yang telah berumur ratusan tahun dapat patah berkeping keeping dalam sekejap karena tidak mampu menahan kuatnya arus laut yang deras. Banyak kegunaan terumbu karang, selain sebagai tempat tinggal, sumber makanan, terumbu karang merupakan pelindung ekosistem pantai. Selain itu terumbu karang mempunyai banyak pemangsa. Ada ikan jack yang merusak dengan kecepatan pada saat menangkap ikan silver. Bintang laut, landak laut, yang memakan terumbu karang. Ada juga yang sebagian terumbu karang digunakan sebagai tempat tinggal kepiting. Apabila landak laut datang dan memakan dengan tentakelnya, maka dengan sigap kepiting akan memotong motong bagian bawah landak laut tersebut dengan capitnya. Hal ini akan membuat landak laut akan berpindah tempat tanpa melukai terumbu karang sama sekali.

Tinggalkan Komentar

Nama :
E-mail :
Web : tanpa http://
Komentar :
Verification Code :   
   

Pengunjung

    827.734