Bagus Blog of Fisheries

Lets Improve Our Fisheries and Marine

Get Connected

Beri Makan Ikan


    Free Automatic Backlink 1000 Backlinks Free 100K Backlinks Backlinks Center Free SEO Backlinks Instant Backlinks SEO Bookmarks Dofollow Backlinks Premium Backlinks Top SEO Backlinks 1000 Backlinks Free Auto Backlinks Dofollow Backlinks Text Back Links Exchanges MAJLIS LINK: Do Follow BacklinkLink Portal Teks TVAutoBacklinkGratisjapanese instant free backlink Free Plugboard Link Banner ButtonFree Automatic Backlink Service Free Backlink Service, Links Building 4 Free Free Backlink Services Free Automatic Backlink Best Backlinks daily Bookmarks Free 1000 Backlinks Auto Dofollow Backlinks Backlinks Builder Dofollow Backlinks Free Hundred Backlinks Submit Your Site To The Web's Top 50 Search Engines for Free! Submit ExpressSEO Tools Dental Assistant DirectoryAziende Resource Direktori Indonesia WoW Range Best Web Directory

Mengenal Lebih Jauh Ikan Bawal

diposting oleh bagusrn-fpk09 pada 16 October 2011
di Perikanan - 0 komentar

Ikan ini di Indonesia disebut sebagai ikan Bawal karena mirip ikan Bawal Laut.

Ikan bawal dapat mencapai berat lebih dari 30 kg, sedangkan rekor pancingan IGFA seberat 9,58 (kelas bebas) oleh Ken Bohling, Januari 1993 di Sungai Parana, Argentina.

Ikan bawal mirip dengan ikan piranha dan silver dollar, karena memang masih satu suku. Setidaknya ada 10 – 15 jenis ikan dari subfamili ini.

Status konservasi tidak tercatat. Distribusi dan habitat di alam tersebar dari Sungai Amazon dan aliran – alirannya, Sungai Paran, Argentina, Sungai Orinoco di Venezuela, serta hampir di semua perairan Amerika Selatan. Ikan ini kini sudah menyebar ke berbagai perairan tropis di dunia, misalnya di sungai Mekong, Irawady, Chao Phraya di Indochina serta Malaysia. Di Indonesia ikan ini melimpah di tempat – tempat pancingan serta sentra budidaya ikan hias di Jawa.

Hidup bergerombol di sungai beraliran deras, tetapi juga ditemukan di aliran yang tenang, terutama saat masih kecil. Hidup dengan baik di daerah dengan ketinggian antara 100 – 800 dpl dengan kisaran suhu 25 – 30 oC. bawal termasuk ikan oportunis yang memakan apapun yang bisa dimakan. Dalam literatur dikatakan ikan ini biasa disebut pemakan hiruk pikuk, hampir sama dengan ikan hiu bila sedang makan. Di kolam, ikan Bawal tidak pernah diam. Mereka akan terus bergerak bergerombol dan bila makan maka harus ada yang memulai atau memprovokasi hingga kemudian tampak saling berebut. Sifat yang sama juga ditunjukkan ikan piranha.

Ikan bawal dan ikan piranha kadang sulit dibedakan, terutama saat masih berukuran kecil ( 5 – 10 cm). Bedanya, bila dipelihara maka ikan bawal dapat berukuran besar, sedang ikan piranha hanya sampai 20 – 30 cm saja. Ikan bawal, saat semakin besar ( mulai ukuran 30 cm ), warna merah di perutnya berubah menjadi memudar atau menjadi gelap, sedangkan warna merah di perut ikan piranha sepanjang hayat.

Gigi – gigi ikan bawal juga nyaris sama dengan ikan piranha, seperti pisau pemotong. Para petani ikan di Penggingm Boyolali dan Janti di Klaten jarang yang mencampur ikan bawal dengan ikan mas atau nila, karena tubuh ikan nila maupun ikan mas akan rusak karena permainan “kucing-tikus” ikan bawal. Jangan memelihara ikan bawal di dalam keramba karena jaringnya akan robek oleh gigitan ikan itu.

Ikan bawal tidak rewel dalam hal pakan. Di kolam biasa memakan pelet, sedangkan yang ada  di alam lebih mudah dipancing dengan serangga seperti cere, jangkrik, ulat sagu, belalang hijau, dll.

Salah satu kelebihan ikan bawal dalam hal eksistensinya di perairan adalah benyaknya telur yang dihasilkan. Ikan betina mempunyai berat 4 kg dapat menghasilkan sekitar 500.000 telur. Jadi berapa telur yang dihasilkan bila induknya mempunyai berat 30 kg??

Ikan bawal di Indonesia pertama kali sekitar tahun 1980 lewat para importir ikan hias dari Singapura dan Brazil. Ikan bawal didatangkan sebagai komoditas ikan hias, terutama saat masih berukuran kecil ( 2 – 15 cm ), tetapi setelah besar ( bila mencapai 1 meter ) maka dapat digunakan sebagai ikan konsumsi.

Tinggalkan Komentar

Nama :
E-mail :
Web : tanpa http://
Komentar :
Verification Code :   
   

Pengunjung

    795.700