Bagus Blog of Fisheries

Lets Improve Our Fisheries and Marine

Get Connected

Beri Makan Ikan


    Free Automatic Backlink 1000 Backlinks Free 100K Backlinks Backlinks Center Free SEO Backlinks Instant Backlinks SEO Bookmarks Dofollow Backlinks Premium Backlinks Top SEO Backlinks 1000 Backlinks Free Auto Backlinks Dofollow Backlinks Text Back Links Exchanges MAJLIS LINK: Do Follow BacklinkLink Portal Teks TVAutoBacklinkGratisjapanese instant free backlink Free Plugboard Link Banner ButtonFree Automatic Backlink Service Free Backlink Service, Links Building 4 Free Free Backlink Services Free Automatic Backlink Best Backlinks daily Bookmarks Free 1000 Backlinks Auto Dofollow Backlinks Backlinks Builder Dofollow Backlinks Free Hundred Backlinks Submit Your Site To The Web's Top 50 Search Engines for Free! Submit ExpressSEO Tools Dental Assistant DirectoryAziende Resource Direktori Indonesia WoW Range Best Web Directory

Terminologi Pada Helminthiasis

diposting oleh bagusrn-fpk09 pada 19 October 2011
di Bahan Kuliah - 0 komentar

Ilmu penyakit cacing (Helmith) merupakan ilmu yang mempelajari tentang penyakit parasiter yang disebabkan oleh cacing. Sedangkan parasit adalah organisme yang hidup pada atau di dalam organisme lain yang ditumpangi dengan maksud untuk berkembang biak. Agar mudah dan tidak keliru dalam mempelajari ilmu penyakiy heminth, maka perlu dikenal berbagai istilah atau teerminologi sebagai berikut :

  1. Parasitiosis : adalah hubungan antara dua organisme dimana satu organisme merusak yang lain dan menyebabkan kerusakan serta menimbulkan gejala klinis. Infeksi cacing dapat menyebabkan kematian atau penyakit terutama pada benih ikan, keadaan ini disebut dengan Helminthosis, dan dikenal dengan tipe parasitosis.
  2. Parasitiasis : adalah hubungan antara dua organisme dimana organisme yang satu merusak dan menimbulkan keadaan patologik tetapi tidak menimbulkan gejala klinis. Bila keduanya berada dalam jumlah sedikit atau terlalu sedikit untuk menyebabkan penyakit, seperti halnya pada hewan dewasa atau hewan karier, keadaan ini diken sebagai Helminthiasis yang merupakan tipe parasitiasis.
  3. Komensalisme : adalah hubungan yang sepadan dimana satu pihak (parasit) mendapat keuntungan dan pihak lain (inang) mendapat kerugian. Bila suatu organisme, dapat hidup di dalam saluran pencernaan ikan dan tidak pernah menimbulkan kerugian bagi ikan tersebut atau tidak mampu menimbulkan kerugian, maka keadaan ini dikenal sebagai komensalisme.
  4. Simbiosis : adalah hubungan antara inang dan parasit, yang diperlukan oleh keduanya dan keduanya memperoleh keuntungan. Contoh simbiosis adalahhubungna dari jamur dan ganggang membentuk lichens. Organisme tersebut tidak dapat hidup sendiri – sendiri.
  5. Mutualisme : serupa dengan simbiosis tetapi hubungan antara parasit dan inang memerlukan keharusan dan inang dapat hidup sempurna tanpa parasit.
  6. Inang definitif : adalah inang tempat hidup tingkatan parasit dewasa, kehidupan seksual parasit.
  7. Inang perantara : adalah inang tempat hidup tingkatan parasit belum dewasa atau kehidupan aseksual parasit.
  8. Vektor : adalah arthropoda atau invertebrata lain yang memindahkan parasit dari satu inang vertebrata ke vertebrata lain.
  9. Vektor mekanis : adalah suatu agen pemindah tanpa adanya perubahan perkembangan parasit.

10.  Vektor biologis : adalah suatu agen pemindah dimana dalam agen pemindah tersebut terjadi perkembangan parasit.

11.  Ektoparasit : adalah parasit yang hidup pada bagian luar tubuh inang.

12.  Endoparasit : adalah parasit yang hidup di dalam tubuh inang.

13.  Mesoparasit : adalah parasit yang sebagian tubuh endoparasit dan sebagian yang lain ektoparasit.

Berdasarkan keeratan ikatan dengan inang/hospesnya serta sifat parasit, maka dikenal :

  1. Parasit obligat : adalah parasit yang memerlukan paling sedikit satu inang untuk menyempurnakan siklus hidupnya.
  2. Parasit fakultatif : adalah parasit yang tidak memerlukan satu inang untuk menyempurnakan setiap siklus hidupnya.
  3. Parasit permanen : adalah parasit yang ada di dalam atau pada satu inang selama hidupnya.
  4. Parasit temporer : adalah parasit yang sebagian siklus hidupnya hidup bebas.
  5. Perasit periodik : adalah parasit yang menyerang inang untuk waktu yang pendek, atau secara periodik untuk mendapatkan makanan.
  6. Hiperparasit : adalah parasit yang hidup pada parasit lain.

Definisi lain yang perlu diketahui adalah :

  1. Parasit patogen : adalah parasit yang merusak atau merugikan inang sampai derajat tertentu yang biasanya berkembang dengan memberikan gejala klinis.
  2. Parasit utama : adalah parasit yang mampu menimbulka penyakit tanpa bantuan faktor predisposisi.
  3. Parasit kedua : adalah parasit yang memerlukan fakto – faktor predisposisi tertentu untuk dapat menimbulkan penyakit.
  4. Parasit sporadis atau accidental : adalah parasit yang berkembang dalam suatu organisme yang tidak biasa sebagai tempat hidupnya.
  5. Reservoar : adalah suatu inang yang terinfeksi oleh parasit di alam, yang memegang peranan penting dalam endemitas parasit suatu daerah.
  6. Karier : adalah suatu induk semang yang memegang peranan pentinga dalam penyebaram suatu parasit tetapi tidak menunjukkan gejala klinis atau patogenitas penyakit ikan.
  7. Parasitiasis : adalah hubungan antara dua organisme dimana organisme yang satu merusak dan menimbulkan keadaa patologik tetapi tidak menimbulkan gejala klinis.
  8. Infeksi : adalah masuknya / menetapnya parasit dengan atau tanpa adanya gejala klinis.
  9. Infestasi : adalah adanya parasit pada / permukaan inang.

10.  Periode prepaten : adalah waktu antara invasi oleh suatu parasit dan penemuan tingkatan hidup baru perkembangan parasit dari inang.

11.  Periode paten : adalah waktu adanya parasit dalam inang yang dapat ditera secara laboaratorik.

12.  Simptom : adalah segala macam penyimpangan dari keadaan normal.

13.  Antiparasitik : bahan kimia yang dapat membunuh parasit.

14.  Dipping : perendaman dan pengendalian penyakit.

15.  Epidemiologi : distribusi dan frekuensi penyakit dalam komunitas.

16.  Etiologi : adalah kajian tentang sebab suatu penyakit.

Tinggalkan Komentar

Nama :
E-mail :
Web : tanpa http://
Komentar :
Verification Code :   
   

Pengunjung

    827.745