Bagus Blog of Fisheries

Lets Improve Our Fisheries and Marine

Get Connected

Beri Makan Ikan


    Free Automatic Backlink 1000 Backlinks Free 100K Backlinks Backlinks Center Free SEO Backlinks Instant Backlinks SEO Bookmarks Dofollow Backlinks Premium Backlinks Top SEO Backlinks 1000 Backlinks Free Auto Backlinks Dofollow Backlinks Text Back Links Exchanges MAJLIS LINK: Do Follow BacklinkLink Portal Teks TVAutoBacklinkGratisjapanese instant free backlink Free Plugboard Link Banner ButtonFree Automatic Backlink Service Free Backlink Service, Links Building 4 Free Free Backlink Services Free Automatic Backlink Best Backlinks daily Bookmarks Free 1000 Backlinks Auto Dofollow Backlinks Backlinks Builder Dofollow Backlinks Free Hundred Backlinks Submit Your Site To The Web's Top 50 Search Engines for Free! Submit ExpressSEO Tools Dental Assistant DirectoryAziende Resource Direktori Indonesia WoW Range Best Web Directory

Taman Laut Pulau Pari yang Penuh Keindahan

diposting oleh bagusrn-fpk09 pada 25 October 2011
di Umum - 0 komentar

Indonesia memiliki berbagai macam terumbu karang yang beraneka ragam, bahkan indonesia bisa disebut juga negara terkaya di dunia akan terumbu karang. Diperkirakan dari total luas terumbu karang di dunia yang mencapai 284.300 km2, 18% (85.200 km2) diantaranya berada di wilayah indonesia. Hal ini juga berkaitan dengan indonesia yang dikenal sebagai negara maritim terbesar di Dunia yang memiliki perairan seluas 93 ribu km2.

salah satu terumbu karang yang terdapat di Jakarta terdapat di Pulau Pari

pernahkan anda mendengar tentang Pulau Pari?

Pulau ini masih terletak di daerah gugusan Kepulauan Seribu Jakarta. Pulau Pari adalah wilayah yang diperuntukan bagi kelestarian hayati dan penelitian di bawah Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia atau LIPI, berbeda dari pulau lain yang sudah ramai pengunjung, di Pulau Pari sangat menarik karena dipulau ini banyak terdapat keanekaragaman hayati maupun ekosistem bawah lautnya yg sarat akan pengetahuan.

saya akan membahas keanekaragaman biota laut , khususnya tentang macam-macam terumbu karang yang ada di perairan Pulau Pari. selain itu tujuan thread ini dibuat yakni semata-mata untuk mengembangkan potensi objek wisata pulau pari dan juga untuk perekonomian masyarakat setempat kearah yang lebih baik dengan konsep ekowisata

ACROPORA REEF


 



Acropora adalah genus scleractinian karang dalam Filum Cnidaria , juga dikenal sebagai karang meja, karang Elkhorn, atau staghorn karang. Acropora paling umum di lingkungan terumbu dangkal dengan cahaya terang dan sedang hingga gerakan air yang tinggi. Banyak ikan karang kecil tinggal di dekat koloni Acropora, jika kita memberi roti di dekat karang maka ikan-ikan akan berhamburan keluar memakannya.

Acropora subglabra


Jenis karang ini sangat umum dijumpai dalam bentuk bercabang, meja dan semak-semak. Hampir seluruh karang jenis ini masif, atau menetap diam pada satu tempat. Acropora merupakan spesies yang banyak dapat kita temui di perairan Pulau Pari. Acropora ini bertanggung jawab besar dalam pembentukan Kalsium karbonat. Kalsium karbonat ini berfungsi sebagai zat penyusun ekosistem laut yang dibutuhkan oleh terumbu karang dan hewan-hewan laut lainnya.

Karang jenis ini dapat di jumpai di perairan yang tenang dan relatif jernih dengan tekstur substrat yang agak halus.
Biasanya hewan karang ini hidup berkelompok, dengan ciri khas yaitu bentuknya yang bercabang-cabang seperti ranting pohon, Jika dilihat dari kejauahan maka tampak karang ini berwarna coklat cerah ke kekuningan.

Acropora formosa

Pada tempat dan perairan yang tenang dan mendapatkan sinar matahari yang berlimpah jenis Acropora formosa ini dapat tumbuh panjang dan lebih terbuka, hal ini karena pengaruh oleh aktivias matahari yang membantu proses pertumbuhan karang tersebut.
Acropora jenis ini berwarna cokelat muda ataupun tua, dan kadang pula ditemukan berwarna biru

Acropora nobilis


Terumbu karang ini hampir dapat ditemui diseluruh perairang spot snorkling Pulau Pari yang cenderung dangkal. 
Karakteristik utama karang ini biasanya bercabang seperti acropora lain pada umunya, namun memiliki tekstur kulit yang berbintil dan memiliki warna cokelat muda sampai ke abu-abuan.

Serta masih banyak lagi spesies acrpora lainnya.

"GONIASTREA REEF"



Coral labirin atau dengan nama latin Goniastrea menghiasi indahnya bebatuan dasar Laut Pulau Pari yang tenang

 


Goniastrea ini termasuk kelompok Favidae, merupakan jenis dari Coral Keras yang bentuknya menyerupai bebatuan cadas jika dilihat dari kejauhan. Koloni yang tumbuh ini berbentuk membulat seperti kubah yang disusun dengan dinding yang tebal serta memiliki corak bervariasi yang kadang membentuk corak seperti labirin ini.
Coral ini biasanya ditemukan berwarna kuning sampai kecokelatan.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Pachyseris Reefs



Lembaran Pachyseris speciosa, seperti dedaunan yang tumbuh subur dikedalaman laut pulau pari



Terumbu karang yang berbentuk seperti lembaran daun ini dapat ditemui di perairan P. Tikus, P. Pari dan sekitarnya. Hidup di tempat yang agak dalam berlerang atau di perairan yang tenang.
Ciri khas terumbu karang ini adalah berbentuk lembaran dan memiliki alur garis tepi dari tengah secara teratur menuju ke tepi. Selain itu memiliki warna agak kecokelatan dengan tepi/ujung pucat.
Untuk para snorkeler, diharapkan agar tidak menginjak atau menyentuh karang jenis ini, karena strutur nya sangat rapuh sehingga mudah sekali ratak atau pecah.

Foto Pachyseris speciosa lain yang dapat ditemukan disekitar perairan ini : 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Anemon




Karang lunak yang dapat kita temui adalah sejenis Anemon laut. Anemon laut adalah kelas anthozoa yang sekilas terlihat seperti tumbuhan, tapi sebenarnya anemone laut merupakan salah satu jenis hewan laut. Karang lunak jenis anemon ini mempunyai peran sangat penting bagi kelangsungan ekosistem, terutama ikan yang kita kenal dengan ikan nemo. Ikan nemo menggunakan Anemon sebagai tempat hidup atau rumah tinggal. Karena ikan nemo dapat bersembunyi dibalik anemon ini dari para mangsanya.

Foto-Foto Anemon

 

Archaster typicus

 



Bintang Laut bertangan lima atau Archaster typicus ini merupakan bintang laut yang paling umum di jumpai di pesisir Pantai Pulau Pari dan Pulau Tikus.
Dikala siang hari bintang laut ini mempunyai kebiasan unik, yaitu membenamkan dirinya di dalam pasir. Dan mulai bisa terlihat di Permukaan sediment pasir dikala malam hari. walaupun bintang laut ini muncul kepermukaan, tubuh bintang laut selalu ditutupi pasir halus, sehingga masyarakat Pulau sering menyebutnya Bintang Laut Pasir.
Dikala musim kimpoi kita bisa melihat hewan ini akan saling bertumpukan diatas pasir dan bahkan bisa mencapai empat ekor bertumpuk menjadi satu.

Protoreaster Nodulosus


Unique Starfish dengan tonjolan hitam tajam yang menghiasi ke 5 tangannya terperangkap takberdaya di Pinggir pantai

 


Unique starfish atau dengan nama Latin Protoraster nodulosus ini merupakan spesies bintang laut langka yang jika beruntung kita dapat menemukannya di pesisir pantai Pulau Pari. Ditubuhnya terdapat tonjolan hitam keras yang meruncing berwarna hitam. Tonjolan ini menandakan umur bintang laut tersebut, semakin tajam tonjolan hitam yang dimiliki hewan ini menandakan hewan ini masih muda, sebaliknya jika semakin tumpul menandakan hewan ini sudah berumur semakin tua.

Culcita


Bantal laut (Culcita) tampak kuning kehitaman terdiam ikut menghiasi keanekaragaman jenih hewan karang Pulau Pari.

 



Bantal laut atau dengan nama latin Culcita ini merupakan kelompok bintang laut yang berbentuk seperti bantal. Dengan warna kuning dan hitam gelap cenderung membuat hewan ini tidak dihiraukan kehadirannya oleh jenis hewan yang lain.
Warna yang cenderung tidak terlalu mencolok ini sangat dibutuhkan hewan ini untuk menghindari dirinya dari pemangsa. Tubuhnya yang cenderung berat menyebabkan pergerakan hewan ini bisa dibilang sangat lamban.
Jika hewan ini terjebak air surut, maka kandungan air yang terkumpul didalam tubuhnya akan dikelauarkan sehingga tubuhnya memipih. Dengan tujuan agar seluruh tubuhnya dapat terendam air yang surut.

 

Achanthasteridae


Bintang Laut merah putih dengan tangan berkisar 10-20 buah yang dihiasi dengan duri kuning menyimpan Racun yang sangat berbahaya


dibalik keindahan warna Merah Putih yang melambangkan ke Nasionalimean nya ini, ternyata Achanthasteridae ini menyimpan racun yang sangat berbahaya. Hati-hati jika sedang bersnorkling ria di pulau pari, jangan sampai menyentuh hewan ini. Karena Bila duri hewan ini tersentuh Kulit maka akan menimbulkan rasa sakit yang amat sangat.
Tidak hanya membahayakan manusia dan spesies laut lain yang menyentuhnya, A. planci ini juga merupakan pemangsa coral yang ganas. Jenis lain dari Achanthasteridae ini dapat memiliki warna yang beraneka ragam.

 

Crinoidae


Lili laut melambai menari mengikuti arus laut yang tenang

 

Crinoidae atau biasa dikenal dengan nama Lili laut ini merupakan hewan laut yang menyerupai tumbuhan. biasanya lili laut ini hidup menempel diatas karang. namun ada pula yang tidak menempel atau dapat berpindah-pindah tempat.
Mempunyai warna yang beragam, serta mempunya lengan banyak yang berpungsi untuk menangkap makanananya berupa hewan hewan kecil zooplankton yang ikut terbawa bersama arus. Jika kita perhatikan dengan seksama saat menyelam di perairan pulau pari, maka kita dapat menemukan hewan ini hidup diatas coral keras jenis Acropora ataupun lainnya.

Laut di Indonesia memang penuh akan kekayaan alam. Sebenarnya masih banyak lagi kekaayaan yang ada di Indonesia, sayangnya masyarakat Indonesia dan juga pemerintah belum mampu memberdayakan keakayaan alam tersebut. Indonesia memang merupakan surga bagi kekayaan alam. Indonesia memang kaya akan budaya sumber daya alam dan kaya akan tempat - tempat indah yang bisa dijadikan objek wisata untuk menarik pengunjung. Indonesia memang sangat kaya, jadi kita sebagai rakyat Indonesia tidak patut mengalami kemiskinan dengan kekayaan alam yang belimpah tersebut.

Sumber : paradisonesia.blogspot.com, kaskus

Tinggalkan Komentar

Nama :
E-mail :
Web : tanpa http://
Komentar :
Verification Code :   
   

Pengunjung

    820.792