Bagus Blog of Fisheries

Lets Improve Our Fisheries and Marine

Get Connected

Beri Makan Ikan


    Free Automatic Backlink 1000 Backlinks Free 100K Backlinks Backlinks Center Free SEO Backlinks Instant Backlinks SEO Bookmarks Dofollow Backlinks Premium Backlinks Top SEO Backlinks 1000 Backlinks Free Auto Backlinks Dofollow Backlinks Text Back Links Exchanges MAJLIS LINK: Do Follow BacklinkLink Portal Teks TVAutoBacklinkGratisjapanese instant free backlink Free Plugboard Link Banner ButtonFree Automatic Backlink Service Free Backlink Service, Links Building 4 Free Free Backlink Services Free Automatic Backlink Best Backlinks daily Bookmarks Free 1000 Backlinks Auto Dofollow Backlinks Backlinks Builder Dofollow Backlinks Free Hundred Backlinks Submit Your Site To The Web's Top 50 Search Engines for Free! Submit ExpressSEO Tools Dental Assistant DirectoryAziende Resource Direktori Indonesia WoW Range Best Web Directory

Mengenal Lebih Dalam Ikan Gurame

diposting oleh bagusrn-fpk09 pada 15 November 2011
di Perikanan - 2 komentar

Ikan gurame memiliki nama ilmiah Osphronemus gouramy memiliki nama daerah kalui, gurami dan gurameh. Tubuh pipih meninggi, mempunyai pectoral filament / sungut di dada dan dapat tumbuh mencapai 1 meter. Terdapat beberapa variam warna termasuk bentuk mulutnya. Ada yang mirip angsa sehingga disebut dengan gurame soang, berasal dari Tasikmalaya.

Terdapat 3 jenis gurame yang ada di Indonesia, yaitu Osphronemus goramy yang ada di Jawa, Sumatra, dan Kalimantan ( di Sulawesi dan Irian sebagai jenis introduksi atau didatangkan dari Jawa ). Jenis ini merupakan gurame terbesar karena dapat mencapai ukuran 1 meter, jenis lainnya hanya ada di Kalimantan, yaitu Osphronemus laticlavius ( dapat mencapai 60 cm ) dan terakhir jenis Osphronemus spetemfasciatus (mencapai 90 cm) yang hanaya ada di Kalimantan.

Status konservasi tidak tercatat. Distribusi dan habitat di alam tersebar di Sumatra, Kalimantan, Jawa, Malaysia, Thailand, dan Indochina.

Ikan gurame merupakan ikan pelagik atau ikan permukaan, termasuk kelompok ikan labirin atau kelompok ikan yang mampu langsung mengambil O2 di udara sehingga secara berinterval akan menyembul di permukaan mengambil oksigen dari udara. Dengan perilaku ini maka kita bisa mengetahui keberadaan ikan – ikan labirin di suatu perairan sehingga lebih mudah untuk memancingnya.

Ciri khas ikan labirin lainnya adala kemampuan yang mengagumkan untuk hidup pada kondisi air yang menggenang, misalnya di rawa, genangan sungai yang mengalir pelan, waduk, danau, genangan sawah yang berhubungan dengan sungai, dll.

Ikan gurame adalah ikanomnivora dengan kecenderungan herbivora. Ikan ini termasuk ikan euryphagik atau ikan dengan jenis makanan yang beragam. Ikan gurame di kolam biasa diberi pakan daun – daunan.

Seperti daun talas, kangkung, pepaya, pelet, bahkan sisa – sisa makanan manusia. Kegunaan ikan ini sebagai ikan konsumsi, ikan hias saat kecil dan sebagai ikan pancingan. Sudah dibudidayakan di kolam – kolam.

Gurame merupakan ikan yang dikenal luas di masyarakat. Ikan yang dapat tumbuh hingga 1 meter ini sayangnya lambat pertumbuhannya. Tetapi, karena itu, justru harganya stabil di pasaran. Gurame merupakan menu masakan tanpa mengenal batas sosial, baik di warung sampai masakan restoran mewah pun ada. Hal ini disebabkan oleh rasanya yang enak dan gurih, dimasak apapun sama enaknya, tidak amis, tidak bau tananh serta tersebar luas di Indonesia. Harganya relatif mahal dan stabil. Setidaknya butuh 2 tahun baru bisa dipanen.

2 Komentar

Sarwoto Inges

pada : 09 February 2012


"kalau fungsi utama labrin gurami apa ya"


Bagus Rizki Novianto

pada : 17 February 2012


"Labirin merupakan perluasan ke atas dalam rongga insang, dan membentuk lipatan-lipatan sehingga merupakan rongga-rongga tidak teratur. Rongga labirin berfungsi menyimpan udara (O2), sehingga ikan-ikan tersebut dapat bertahan hidup pada perairan yang kandungan oksigennya rendah. Selain dengan labirin, udara (O2) juga disimpan di gelembung renang yang terletak di dekat punggung.
Sumber : sentra-edukasi.com"


Tinggalkan Komentar

Nama :
E-mail :
Web : tanpa http://
Komentar :
Verification Code :   
   

Pengunjung

    795.831