Bagus Blog of Fisheries

Lets Improve Our Fisheries and Marine

Get Connected

Beri Makan Ikan


    Free Automatic Backlink 1000 Backlinks Free 100K Backlinks Backlinks Center Free SEO Backlinks Instant Backlinks SEO Bookmarks Dofollow Backlinks Premium Backlinks Top SEO Backlinks 1000 Backlinks Free Auto Backlinks Dofollow Backlinks Text Back Links Exchanges MAJLIS LINK: Do Follow BacklinkLink Portal Teks TVAutoBacklinkGratisjapanese instant free backlink Free Plugboard Link Banner ButtonFree Automatic Backlink Service Free Backlink Service, Links Building 4 Free Free Backlink Services Free Automatic Backlink Best Backlinks daily Bookmarks Free 1000 Backlinks Auto Dofollow Backlinks Backlinks Builder Dofollow Backlinks Free Hundred Backlinks Submit Your Site To The Web's Top 50 Search Engines for Free! Submit ExpressSEO Tools Dental Assistant DirectoryAziende Resource Direktori Indonesia WoW Range Best Web Directory

Proses Pembuatan Tepung Ikan

diposting oleh bagusrn-fpk09 pada 15 November 2011
di Bahan Kuliah - 19 komentar

Tepung Ikan adalah ikan atau bagian-bagian ikan yang minyaknya diambil atau tidak, dikeringkan kemudian digiling. Kegunaan utama tepung ikan adalah sebagai bahan campuran pada makanan ternak. Tepung ikan yang bermutu baik harus bebas dari kontaminasi serangga. Jamur, mikroorganisme pathogen.

Dalam susunan makanan ternak, tepung ikan merupakan bagian yang tidak dapat dipisahkan terutama ternak ayam dan babi selain itu juga sebagai komponen makanan ikan.


Tepung ikan yang bermutu baik harus mempunyai sifat-sifat sebagai berikut :

  • butiran – butirannya harus seragam
  • bebas dari sisa – sisa tulang, mata ikan dan benda asing, warna halus bersih, seragam, serta bau khas ikan amis (Afrianto dan Liviawaty, 2005).

Pembuatan Tepung Ikan

Oleh:

Priyono, S.Pt

Mahasiswa Magister Ilmu Ternak UNDIP 2008/2009

 

Proses Pembuatan Tepung Ikan

Terdapat beberapa cara yang dapat digunakan untuk membuat tepung ikan dari ikan segar. Cara yang paling sederhana yaitu dilakukan penjemuran dibawah sinar matahari. Metode ini dibeberapa wilayah masih digunakan dimana kualitas produknya lebih rendah dibandingkan dengan menggunakan teknik modern. Sebagian besar proses pembuatan tepung ikan melalui tahap pemanasan, pengepresan, pengeringan dan penggilingan menggunakan mesin yang telah dirancang sebelumnya. Meskipun prosesnya sederhana, akan tetapi pada prinsipnya membutuhkan keterampilan dan pengalaman khusus untuk menghasilkan produk tepung ikan dengan mutu tinggi.

 

Pemanasan (Cooking)

Ketika ikan dipanaskan, sebagian besar air dan minyak akan hilang. Air dan minyak ini juga dapat hilang pada saat dilakukan pengepresan. Alat pemanas yang saat ini banyak digunakan berbentuk silinder uap air yang tertutup dimana ikan dipindahkan menggunakan alat berbentuk sekrup. Beberapa alat pemanas juga dilengkapi dengan fasilitas steam. Alat pemanas dalam industri dapat menampung sekitar 16 sampai 1600 ton bahan baku ikan segar per 24 jam.

Jika pemanasan kurang, maka hasil pressing nantinya tidak memuaskan dan pemanasan yang terlalu berlebihan dapat menyebabkan ikan terlalu halus untuk dipress. Bahan baku ikan segar tidak dilakukan pengeringan selama tahap proses pemanasan. Pemanasan biasanya dilakukan pada suhu 95oC sampai 100 oC dalam waktu 15 sampai 20 menit. Beberapa perusahaan yang bergerak dalam pembuatan tepung ikan, menggunakan suhu 95 oC.

Pressing

Pada tahap ini terjadi pemindahan sebagian minyak dan air. Ikan berada dalam tabung yang berlubang, hal tersebut dilakukan untuk meningkatkan tekanan dengan bantuan sekrup. Campuran air dan minyak yang diperoleh ditekan keluar melalui lubang dan bahan bentuk padat seperti dalam pembuatan kue sebagai hasil akhir dari proses pressing. Selama proses pressing, kadar air menurun dari 70% menjadi 50% dan minyak menurun sekitar 4 %.

Pressing Liquor

Setelah dilakukan penyaringan untuk memisahkan material kasar dan material yang padat, kemudian material yang padat dan keras ini dilakukan pressing secara terus menerus dan disentrifugasi untuk memindahkan minyak. Minyak yang diperoleh kadang-kadang disuling yaitu proses yang dilakukan sebelum dimasukkan kedalam tangki penyimpan. Minyak yang disuling adalah minyak yang dapat dimanfaatkan dan digunakan dalam industri pembuatan minyak goreng dan margarin.

Bagian cair dari proses pressing liquor dikenal dengan nama stickwater yang berisi material yang telah dihancurkan yang beratnya sekitar 9% dari total padatan. Material ini sebagian besar berupa protein dan stickwater terdiri dari sekitar 20% dari total padatan. Material terbentuk kembali akibat penguapan stickwater sampai berbentuk sirup yang terdiri dari 30 sampai 50 % padatan dan kadang-kadang dijual sebagai ikan padat yang dilarutkan. Pada umumnya produk hasil pressing liquor jika dipress kembali dan dikeringkan maka akan berbentuk tepung.

Pengeringan

Meskipun pada prinsipnya caranya sederhana, akan tetapi membutuhkan keterampilan dalam melakukan proses pengeringan yang baik. Jika tepung tidak dikeringkan maka dapat menyebabkan tumbuhnya jamur atau bakteri. Dan jika pengeringan dilakukan secara berlebihan maka akan mengakibatkan nilai nutrisi yang dikandungnya dapat menurun.

Ada dua jenis alat pengering, yaitu alat pengering langsung dan alat pengering tidak langsung. Pengeringan langsung menggunakan suhu yang sangat panas, yaitu sampai 500oC. Metode ini membutuhkan waktu yang singkat, tapi akan menyebabkan kerusakan yang lebih tinggi jika prosesnya tidak dilakukan secara hati-hati. Tepung sebaiknya tidak dipanaskan pada suhu yang sangat tinggi, karena penguapan air yang cepat menyebabkan kondisi ikan mendingin, secara normal produk dipanaskan pada suhu 100oC.

Pada umumnya alat pengering berbentuk seperti tabung uap air dengan steam untuk mengeringkan tepung. Sebagian besar bau tidak sedap pada industri pengolahan berasal dari alat pengering. Alat pengering tidak langsung umumnya digunakan di UK.

Di UK, limbah ikan digunakan sebagai bahan baku utama dalam pembuatan tepung dan disini proses pengepressan bukanlah menjadi hal yang penting, karena kandungan minyak pada material sudah sangat sedikit. Tepung ikan ini diproses dengan cara yang sederhana, yaitu dengan cara memasak dan mengeringkan saja. Pertimbangan penggunaan tahap pressing adalah sebagai berikut:

Fleksibilitas penggunaan ikan yang berminyak, kurang berminyak atau campuran dari keduanya. Proses pemindahan air dengan pressing dan penguapan dari stickwater lebih murahkarena pengaruh penguapan lebih efisien dibandingkan dengan menggunakan alat pemanas.

Penggilingan dan Pengemasan

Langkah terakhir yang dilakukan dalam pembuatan tepung ikan adalah penggilingan untuk memecahkan gumpalan-gumpalan atau partikel dari tulang dan dilakukan pengemasan tepung ikan untuk selanjutnya dilakukan penyimpanan di dalam silo. Dari tempat industri pengolahan tepung ikan, tepung ikan yang sudah siap jual kemudian ditransportasikan.

Tabel Analisis proksimat

19 Komentar

rifal

pada : 04 April 2012


"bisa gak di tampilkan gambar alat"nya?"


Bagus Rizki Novianto

pada : 19 April 2012


"maaf sob,mungkin kalo gambar alatnya bisa dicari di google biar lebih jelas... :)
thanks buat sarannya :D"


tri

pada : 05 July 2012


"bisa tampilkan analisa usaha'nya?
meliputi
1. investasi mesin
2. harga bahan
3. harga jual
4. peluang dan resikonya
terima kasih atas jawaban'nya"


Bagus Rizki Novianto

pada : 20 October 2012


"@tri mohon maaf sebelumnya, saya juga belum tau ttg harga mesin, bahan serta yang lainnya. saya juga masih dalam tahap belajar :)"


jemi

pada : 03 November 2012


"jual pabrik tepung ikan di bali beserta aset-asetnya. total 8M. langsung operasikan. hubungi 0821 45 230099

alexanjemi333@gmail.com"


Salim ari

pada : 07 November 2012


"Kalo tulang limbah warung2 gmn gan? Bgus gk?"


Bagus Rizki Novianto

pada : 07 November 2012


"@salim: dalam pembuatan tepung ikan yang digunakan ikannya gan bukan tulangnya :)
ikan yang dimaksud disini adalah ikan rucah atau ikan yang tidak dikonsumsi oleh manusia, jadi tidak terjadi penurunan nilai ekonomis :)
Mungkin seperti itu pendapat dari saya :)"


slamet tarmuji

pada : 10 November 2012


"saya pingin beli tepung ikan,, berapa harga perkilonya,,, maksih,,"


Bagus Rizki Novianto

pada : 10 November 2012


"harga sepertinya bervariasi mas, tergantung kandungan proteinnya, silahkan di cari di google banyak kok, antara 5 ribu - 10 ribu per kilonya :)"


ozik

pada : 17 December 2012


"mas biasanya tepung ikan dijual dimana..?"


Teguh Bagus Pribadi

pada : 28 December 2012


"Mas,,, mau tanya caraNya Kontaminasi Tamplate Donk :)
dan cara ganti Backround Blog :)"


Bagus Rizki Novianto

pada : 30 December 2012


"saya cm ganti background aja gak pake ganti templete, kalo ganti background bisa pake kode dibawah ini lalu dimasukkan ke dalam widget blogmu.

<style>
body {
font-size: 12px;
color: #0000;
background:#000;
background-image: url(http://web.unair.ac.id/admin/file/f_13838_Discus_popula_aquarium_fish_1366x768_hd_wallpaper.jpg);
background-attachment: fixed ;
}
</style>

image url, font, color bisa dimodifikasi sendiri sesuai keinginan :)"


Teguh Bagus Pribadi

pada : 30 December 2012


"terima kasih banyak ya mas... :)"


Teguh Bagus Pribadi

pada : 30 December 2012


"Sebelumnya terima kasih banyak ya mas..
makasih banget... yg cara gnti gmbr headernya itu gmn ya mas... aq udah mentok G temukan caranya mas :)
mohon bantuanya mas :o"


Bagus Rizki Novianto

pada : 05 January 2013


"kyknya udah dijawab di pertanyaanmu yg sblmnya ya -_-"

kalau header banner itu prinsipnya cm ditindih aja dgn gambar milik sendiri.. coba km taruh kode ini di widgetmu nanti hasilnya keluar header gambar ikan.



link image src ganti aja dengan gambarmu sendiri :)"


Teguh Bagus

pada : 26 February 2013


"Terima Kasih banyak Mas :)
"


hisyam

pada : 06 May 2013


"saya menyediakan bahan baku tepung ikan.yaitu kepala ikan, produksi tiap hari 2 ton. harga 2550 per kilo .belum termasuk ongkir.jika berminat silahkan hubungi 085741700439.
lokasi di semarang jawa tengah."


yuni sayekti

pada : 10 July 2013


"penyusutanya berapa persen dari bahan ikan segar menjadi barang jadi/ tepung ikan ?"


sigit

pada : 05 October 2013


"bagaimana mengolah bau yang keluar dari alat pengering mas, soalnya kalau baunya nggak diolah dapat menyebabkan gejolak sosial"


Tinggalkan Komentar

Nama :
E-mail :
Web : tanpa http://
Komentar :
Verification Code :   
   

Pengunjung

    819.830