Bagus Blog of Fisheries

Lets Improve Our Fisheries and Marine

Get Connected

Beri Makan Ikan


    Free Automatic Backlink 1000 Backlinks Free 100K Backlinks Backlinks Center Free SEO Backlinks Instant Backlinks SEO Bookmarks Dofollow Backlinks Premium Backlinks Top SEO Backlinks 1000 Backlinks Free Auto Backlinks Dofollow Backlinks Text Back Links Exchanges MAJLIS LINK: Do Follow BacklinkLink Portal Teks TVAutoBacklinkGratisjapanese instant free backlink Free Plugboard Link Banner ButtonFree Automatic Backlink Service Free Backlink Service, Links Building 4 Free Free Backlink Services Free Automatic Backlink Best Backlinks daily Bookmarks Free 1000 Backlinks Auto Dofollow Backlinks Backlinks Builder Dofollow Backlinks Free Hundred Backlinks Submit Your Site To The Web's Top 50 Search Engines for Free! Submit ExpressSEO Tools Dental Assistant DirectoryAziende Resource Direktori Indonesia WoW Range Best Web Directory

Tips Tidur yang Sehat

diposting oleh bagusrn-fpk09 pada 15 November 2011
di Kesehatan - 0 komentar

imgTidur yang berkualitas jadi dambaan banyak orang. Tapi tingkat stres yang tinggi dalam kehidupan sehari-hari kadang membuat orang susah mendapatkan waktu tidur yang baik. Lakukan langkah-langkah ini untuk mendapatkan tidur yang sehat.

Ketika tidur tubuh memasuki tahap gerakan mata nonrapid (nonrapid eye movement/NREM) di sebagian besar malam dan siklus rapid eye movement (REM) yang berulang setiap 90 menit.

Selama tidur REM, energi disediakan untuk otak dan tubuh yang bisa mendukung tingkat kinerja saat siang hari. Tidur yang konsisten bisa meningkatkan kesehatan sistem kekebalan tubuh dan kejernihan mental, mengatur kadar hormon serta perasaan sejahtera.

Agar bisa mendapatkan manfaat tersebut maka seseorang sebaiknya mendapatkan waktu tidur yang sehat, berikut hal-hal yang bisa dilakukan untuk mendapat tidur sehat, seperti dikutip dari Livestrong, Kamis (10/11/2011) yaitu:

1. Sesuaikan waktu tidur dengan pedoman yang direkomendasikan untuk kelompok usia
Umumnya orang dewasa dianjurkan tidur 7-9 jam per malam, anak usia sekolah mendapatkan 10-11 jam per malam, sedangkan perempuan hamil dan orang tua memerlukan lebih banyak waktu tidur.

Namun kondisi ini bisa bervariasi tergantung dari status kesehatannya, karena terlalu banyak tidur dikaitkan dengan masalah medis serta mental tapi jika terlalu sedikit menghambat waktu memori, kinerja dan reaksi.

2. Mengatur lingkungan sekitar agar mendukung tidur yang menenangkan
Suasana adalah hal penting untuk mendorong tidur yang nyenyak. Sebaiknya menggunakan kasur, seprai dan bantal yang nyaman, ruangan yang tidak terang, tenang dan temperatur yang sedang.

3. Makan 2-3 jam sebelum tidur
Hindari makan berat mendekati waktu tidur karena bisa membuat tidak nyenyak. Jika Anda orang yang rentan lapar di tengah malam atau menjelang tidur, maka berikan cemilan rendah gula serta hindari makanan pedas yang bisa mengganggu pencernaan. Cemilan yang bisa dikonsumsi secangkir oatmeal tanpa tambahan gula atau yogurt rendah lemak.

4. Hentikan konsumsi kafein dan rokok minimal 8 jam sebelum tidur
Zat seperti kafein dan nikotin adalah stimulan yang mengganggu dan bisa membuat orang jadi gelisah. Tidur gelisah tidak akan meremajakan tubuh di esok hari tapi menyebabkan penyimpangan dalam memori dan pengambilan keputusan.

5. Rencanakan jadwal tidur dalam aktivitas harian
Memiliki jadwal tidur yang sama setiap malam membantu tubuh untuk siap relaksasi jika sudah mendekati waktu tidur. Jika tidak bisa tidur cobalah melakukan kegiatan santai seperti baca buku ringan atau mendengarkan musik.

6. Melakukan tidur siang singkat untuk meremajakan pikiran
Tidur siang membantu tubuh mengisi ulang energi dan pikiran, tapi batasi waktunya yaitu kurang dari 30 menit untuk menghindari gangguan jadwal tidur malam hari. Serta hindari tidur siang melewati jam 3 sore.

Sumber : detikhealth

Tinggalkan Komentar

Nama :
E-mail :
Web : tanpa http://
Komentar :
Verification Code :   
   

Pengunjung

    831.649