Bagus Blog of Fisheries

Lets Improve Our Fisheries and Marine

Get Connected

Beri Makan Ikan


    Free Automatic Backlink 1000 Backlinks Free 100K Backlinks Backlinks Center Free SEO Backlinks Instant Backlinks SEO Bookmarks Dofollow Backlinks Premium Backlinks Top SEO Backlinks 1000 Backlinks Free Auto Backlinks Dofollow Backlinks Text Back Links Exchanges MAJLIS LINK: Do Follow BacklinkLink Portal Teks TVAutoBacklinkGratisjapanese instant free backlink Free Plugboard Link Banner ButtonFree Automatic Backlink Service Free Backlink Service, Links Building 4 Free Free Backlink Services Free Automatic Backlink Best Backlinks daily Bookmarks Free 1000 Backlinks Auto Dofollow Backlinks Backlinks Builder Dofollow Backlinks Free Hundred Backlinks Submit Your Site To The Web's Top 50 Search Engines for Free! Submit ExpressSEO Tools Dental Assistant DirectoryAziende Resource Direktori Indonesia WoW Range Best Web Directory

Macam Pengawetan Sperma Ikan

diposting oleh bagusrn-fpk09 pada 22 October 2012
di Bahan Kuliah - 2 komentar

Sperma ikan merupakan hal yang penting dalam teknologi pembenihan ikan. Sperma pada ikan juga dianalisis kualitasnya. Beberapa alasan dilakukannya analisis pada sperma ikan adalah :
  1. Mencegah adanya sperma yang cacat pada saat diawetkan, jika ada sperma yang cacat kemungkinan terjadinya fertilisasi akan berkurang atau terjadi kecacatan pada benih ikan nantinya.
  2. Untuk mengetahui tingkat fertilitas sperma yang diawetkan
  3. Memperkecil faktor kegagalan dalam fertilisasi.
  4. Mengetahui bahan kimia lain yang terdapat dalam sperma yang memiliki kemungkinan untuk menghambat proses fertilisasi
  5. Mengetahui kualitas sperma dalam bertahan hidup selama proses pengawetan
  6. Untuk diagnosis evaluasi pre/post terapi medikal maupun surgikal infertilitas

Sperma yang baik kemudian diawetkan dengan beberapa cara berikut :

  1. Equilibrasi adalah periode adaptasi spermatozoa   dengan cara pendinginan guna mengurangi metabolisme. Selama itu terjadi mengurangi gliserol ke dalam spermatozoa untuk menciptakan keseimbangan konsentrasi intraseluler dan ekstraseluler. Tujuannya adalah penyesuaian antara spermatozoa dengan pengencer dan suhu sebelum pembekuan.
  2. Vaporasi  adalah proses perubahan molekul di dalam keadaan cair (contohnya air) dengan spontan menjadi gas (contohnya uap air). Proses ini adalah kebalikan dari kondensasi. Umumnya penguapan dapat dilihat dari lenyapnya cairan secara berangsur-angsur ketika terpapar pada gas dengan volume signifikan.
  3. Freezing  adalah proses pembekuan pada sperma yaitu mengawetkan sperma  dengan cara mengubah hampir seluruh kandungan air dalam sperma menjadi es. Keadaan beku menyebabkan aktivitas mikrobiologi dan enzim terhambat sehingga daya simpan produk menjadi panjang.

Equilibrisasi, vaporasi, dan freezing merupakan metode untuk mengawetkan  sperma beku, pembekuan sperma dilakukan pada suhu -196,5 oC dalam nitrogen cair dengan kapasitas 2/3 dari sperma segar. Nitrogen berfungsi sebagai bahan yang dapat mendinginkan serta mengawetkan sperma untuk dapat disimpan dan digunakan kembali. Sperma yang disimpan adalah sperma normal atau sperma sub normal. 

2 Komentar

tammy

pada : 19 November 2012


"dapus nya ga ada ?"


Bagus Rizki Novianto

pada : 19 November 2012


"maaf banget ya, dafpusnya gak ada,lupa blm saya tulis :("


Tinggalkan Komentar

Nama :
E-mail :
Web : tanpa http://
Komentar :
Verification Code :   
   

Pengunjung

    820.816