Bagus Blog of Fisheries

Lets Improve Our Fisheries and Marine

Get Connected

Beri Makan Ikan


    Free Automatic Backlink 1000 Backlinks Free 100K Backlinks Backlinks Center Free SEO Backlinks Instant Backlinks SEO Bookmarks Dofollow Backlinks Premium Backlinks Top SEO Backlinks 1000 Backlinks Free Auto Backlinks Dofollow Backlinks Text Back Links Exchanges MAJLIS LINK: Do Follow BacklinkLink Portal Teks TVAutoBacklinkGratisjapanese instant free backlink Free Plugboard Link Banner ButtonFree Automatic Backlink Service Free Backlink Service, Links Building 4 Free Free Backlink Services Free Automatic Backlink Best Backlinks daily Bookmarks Free 1000 Backlinks Auto Dofollow Backlinks Backlinks Builder Dofollow Backlinks Free Hundred Backlinks Submit Your Site To The Web's Top 50 Search Engines for Free! Submit ExpressSEO Tools Dental Assistant DirectoryAziende Resource Direktori Indonesia WoW Range Best Web Directory

Topografi Dasar Laut Indonesia

diposting oleh bagusrn-fpk09 pada 30 October 2012
di Bahan Kuliah - 0 komentar


Permukaan dasar laut semula dianggap dalam keadaan datar dan tidak mempunyai bentuk, tetapi beberapa ilmu pengetahuan lainnya telah membuktikan bahwa topografi dasar laut memiliki bentuk yang kompleks seperti daratan. Bentuk-bentuk muka bumi di dasar laut adalah sebagai berikut. Bentuk relief dasar lautan utama

a)      Continental shelf (landas kontinen)

ialah relief dasar laut paling tepi yang mengalami penurunan landai mulai dari pantai ke arah tengah lautan. Kemiringan ke arah laut umumnya kurang dari satu derajat. Beberapa lembah sungai continental shelf merupakan bukti bahwa suatu ketika continental shelf merupakan massa daratan yang kemudian tenggelam dan mempunyai kedalaman antara 0-200 m.

b)      Continental slope (lereng benua)

ialah relief dasar laut yang letaknya berbatasan dengan continental shelf, ke arah laut lerengnya menjadi curam membentuk continental shelf. Sudut kemiringan biasanya tidak lebih dari lima derajat dan zona ini mencapai kedalaman antara 200-2.000 m.

c)      Deep sea plain

ialah relief dasar laut yang letaknya berbatasan dengan continental slope. Relief di zona ini bentuknya bervariasi, mulai dari yang rata sampai yang berpegunungan atau berbentuk plato. Kadang-kadang juga terdapat puncak vulkanik yang muncul di atas permukaan laut. Daerah ini meliputi dua pertiga dari seluruh dasar laut dan terletak pada kedalaman antara 2.000-3.000 m.

d)     The deeps

 ialah relief dasar laut yang paling dalam dan dikarakterisasikan denganadanya palung yang mencapai kedalaman lebih dari 6.000 m.

Lingkungan laut dan samudera seringkali menjadi tempat sediment di endapkan. Sediment dapat terdiri dari material-material yang berasal dari perut bumi yang dibawa oleh sungai dan aliran air yang dekat laut atau berupa sediment laut lain misalnya pasir. Beberapa jenis endapan yang dapat ditemui wilayah laut Indonesia adalah sebagai berikut:

H   Batu keras

  • semua sediment yang terdiri dari partikel atau batuan yang bergaris tengah lebih dari 2mm.

H   Pasir dan lanau

  • sediment yang terdiri dari partikel yang bergaris tengah antara 2 micron-2mm

H   Lumpur

  • semua sediment yang berasal dari perut bumi berukuran sangat kecil dan mengandung komponen-komponen pasir dan partikel-partikel silt. Sediment tersebut termasuk diataranya adalah Lumpur biru, Lumpur hijau, Lumpur hitam, abu gunung berapi, dan lain sebagainya.

H   Selut gampingan

  • semua endapan mengeras yang partikelnya berukuran pasir atau lebih halus mengandung sekitar 30%atau lebih CaCO3 kecuali endapan yang semuanya tersusun dari cangkang moluska atau koral.

H   Selut silikan

  • semua endapan mengeras yang paling sedikit 30% cangkang organisme silikan.

H   Lempung

  • semua pelagis yang berbutir halus bergaris tengah kurang dari 4 mikron, tersusun dari kurang lebih 30% jasad organisme dan kurang lebih 30% CaCO3.

H   Koral

semua endapan yang berasal dari bangkai terumbu karang.

Download file doc

Tinggalkan Komentar

Nama :
E-mail :
Web : tanpa http://
Komentar :
Verification Code :   
   

Pengunjung

    820.807