Bagus Blog of Fisheries

Lets Improve Our Fisheries and Marine

Get Connected

Beri Makan Ikan


    Free Automatic Backlink 1000 Backlinks Free 100K Backlinks Backlinks Center Free SEO Backlinks Instant Backlinks SEO Bookmarks Dofollow Backlinks Premium Backlinks Top SEO Backlinks 1000 Backlinks Free Auto Backlinks Dofollow Backlinks Text Back Links Exchanges MAJLIS LINK: Do Follow BacklinkLink Portal Teks TVAutoBacklinkGratisjapanese instant free backlink Free Plugboard Link Banner ButtonFree Automatic Backlink Service Free Backlink Service, Links Building 4 Free Free Backlink Services Free Automatic Backlink Best Backlinks daily Bookmarks Free 1000 Backlinks Auto Dofollow Backlinks Backlinks Builder Dofollow Backlinks Free Hundred Backlinks Submit Your Site To The Web's Top 50 Search Engines for Free! Submit ExpressSEO Tools Dental Assistant DirectoryAziende Resource Direktori Indonesia WoW Range Best Web Directory

Indonesia-Perancis Bangun Pemantauan Terumbu Karang

diposting oleh bagusrn-fpk09 pada 01 November 2012
di Perikanan - 0 komentar

Pemerintah Indonesia bekerja sama dengan pemerintah Prancis akan membangun sistem pemantauan terumbu karang senilai Rp250 miliar.

"Penandatanganan kerja sama membangun proyek sistem pemantauan itu sudah dilakukan. Bahkan tahun ini proses administrasi masih terus berlangsung," kata Kepala Pusat Pengkajian dan Perekayasaan Teknologi Kelautan dan Perikanan Kementerian Kelautan dan Perikanan, Prof Dr Ngurah Nyoman Wiadnyana, di Kuta, Bali, Kamis.

Disela lokakarya "High Temporal Resolution Corals Monitoring system" itu, dia mengemukakan bahwa saat ini terjadinya pemutihan terumbu karang di laut disebabkan oleh sejumlah faktor, di antaranya terjadinya pemanasan global dan faktor manusia.

"Kalau dari alam itu karena terjadinya pemanasan global, sedangkan dari daratan karena ulah manusia, misalnya membuang sampah sembarangan ke sungai serta penebangan hutan liar," ucap pria asal Padangbai, Kabupaten Karangasem, itu.

Oleh karena itu, kata dia, program yang dibangun pemerintah tidak saja mengarah perbaikan ke terumbu karang saja, melainkan juga sosialisasi kepada masyarakat agar menjaga lingkungan tersebut dan tidak mencemari aliran sungai.

"Syukurlah hasilnya terjadi peningkatan, terutama dari manusia itu sendiri. Artinya warga mulai sadar untuk menjaga lingkungan," ucapnya.

Tetapi kalau dari lingkungan alam, memang penyelesaian dan antisipasi tidak bisa berjalan sendiri-sendiri. Harus ada komitmen oleh semua pihak atau bersama-sama.

"Tanpa ada kebersamaan sulit dapat diwujudkan keberadaan terumbu karang yang lestari. Karena faktor manusia untuk merusaknya cukup besar, seperti mencari ikan hias dengan menggunakan bom rakitan atau menuangkan zat kimia sehingga ikan-ikan itu pingsan," ucapnya.

Menyinggung bantuan dana untuk pengadaan alat monitoring system corals dari Pemerintah Prancis, Ngurah Wiadnyana mengatakan, tahapan demi tahapan pihaknya sudah melakukan.

"Secara administrasi untuk tahun ini sudah berjalan sesuai dengan program. Namun pemasangan peralatan akan dilakukan tahun 2013," ujarnya.

Ia menambahkan bahwa dana pembelian alat tersebut bentuknya hibah, hanya sekitar tujuh persen dananya dikembalikan ke Prancis.

"Kalau dihitung-hitung nilai pengembalian dibanding dananya sebanyak itu sangat ringan dan bunganya kecil," katanya.

Lokakarya dua hari di Kuta itu dihadiri sekitar 40 peserta dengan menghadirkan pembicara dari dalam dan luar negeri.

Sumber : antaranews

Tanpa ada kebersamaan sulit dapat diwujudkan keberadaan terumbu karang yang lestari. Itulah semboyan yang harus kita jaga, karena terumbu karang juga merupakan salah satu kekayaan laut di Indonesia. Saat ini banyak terumbu karang yang telah rusak diakibatkan oleh nelayan yang tidak bertanggung jawab. Jika hal tersebut tidak segera ditangani, bukan tidak mungkin populasi terumbu karang akan hilang. Keseimbangan ekosistem juga akan terganggu, karena terumbu karang merupakan tempat hidup sebagian ikan laut, selain itu juga digunakan sebagai tempat memijah dan mencari makan.

Langkah pemantauan terumbu karang ini dapat membantu menjaga kelestarian terumbu karang terutama bagi generasi muda yang akan menjadi penerus bangsa.

Tinggalkan Komentar

Nama :
E-mail :
Web : tanpa http://
Komentar :
Verification Code :   
   

Pengunjung

    811.443