Bagus Blog of Fisheries

Lets Improve Our Fisheries and Marine

Get Connected

Beri Makan Ikan


    Free Automatic Backlink 1000 Backlinks Free 100K Backlinks Backlinks Center Free SEO Backlinks Instant Backlinks SEO Bookmarks Dofollow Backlinks Premium Backlinks Top SEO Backlinks 1000 Backlinks Free Auto Backlinks Dofollow Backlinks Text Back Links Exchanges MAJLIS LINK: Do Follow BacklinkLink Portal Teks TVAutoBacklinkGratisjapanese instant free backlink Free Plugboard Link Banner ButtonFree Automatic Backlink Service Free Backlink Service, Links Building 4 Free Free Backlink Services Free Automatic Backlink Best Backlinks daily Bookmarks Free 1000 Backlinks Auto Dofollow Backlinks Backlinks Builder Dofollow Backlinks Free Hundred Backlinks Submit Your Site To The Web's Top 50 Search Engines for Free! Submit ExpressSEO Tools Dental Assistant DirectoryAziende Resource Direktori Indonesia WoW Range Best Web Directory

Rumput Laut Dapat Cegah Kerusakan Gigi

diposting oleh bagusrn-fpk09 pada 06 November 2012
di Kesehatan - 0 komentar

Mikroba Rumput Laut Dapat Mencegah Kerusakan Gigi

Suka makan rumput laut? Tak hanya bisa diolah menjadi berbagai macam makanan lezat, rumput laut ternyata juga memiliki manfaat lain. Rumput laut bukan hanya bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Tapi, juga bisa menghentikan kerusakan gigi. Penelitian terbaru menujukkan, menambahkan enzim dari mikroba rumput laut pada pasta gigi dan obat kumur bisa membantu melindungi gigi dari kerusakan.

Ilmuwan Inggris menemukan bahwa menambahkan enzim dari mikroba yang terdapat pada rumput laut bisa memberikan perlindungan kepada gigi. Jika ditambahkan pada pasta gigi, zat ini bisa mencegah kerusakan gigi.
Mikroba tersebut bernama Bacillus licheniformis. Para peneliti du Newcastle University meyakini bahwa enzim yang dihasilkan oleh mikroba ini bisa membersihkan kerak gigi dan melindungi daerah sela-sela gigi yang sulit dijangkau.

Tes di laboratorium memperlihatkan bahwa enzim yang dihasilkan mikroba ini bisa menghilangkan plak dan membersihkan gigi dari bakteri yang menyebabkan kerusakan gigi.

“Plak gigi terdiri dari bakteri yang berkumpul pada suatu daerah di gigi,” jelas Dr Nick Jakubovics, peneliti dari University’s School of Dental Science, pada BBC. 

“Pasta gigi bekerja dengan cara tradisional, yaitu menyikat plak dan bakteri-bakteri ini. Tetapi cara ini tak selalu efektif. Itulah mengapa orang yang rajin sikat gigi masih terkena gigi berlubang,” tambahnya.

Peneliti menemukan bahwa enzim yang dikeluarkan oleh mikroba ini bisa menghilangkan beberapa bakteri yang membuat gigi busuk. Saat bakteri-bakteri itu mati, mereka meninggalkan biofilm pada gigi.
Menurut para ilmuwan, zat tersebut tidak berbahaya dan malah bisa melindungi gigi dari bakteri berbahaya.
Meski begitu, peneliti mengharapkan adanya penelitian lebih lanjut sebelum mengembangkan enzim ini pada produk yang bisa digunakan masyarakat.

“Kami berharap bisa memanfaatkan enzim ini untuk menjadi pasta gigi, obat kumur, atau pembersih gigi,” kata Jacubovics.

Sebelum hasil temuan ini berubah menjadi produk yang bisa dinikmati, mungkin ada baiknya mulai sekarang kita rajin mengonsumsi rumput laut untuk melindungi gigi.

Sumber : Kedokterangigi.net

Tinggalkan Komentar

Nama :
E-mail :
Web : tanpa http://
Komentar :
Verification Code :   
   

Pengunjung

    819.749