Bagus Blog of Fisheries

Lets Improve Our Fisheries and Marine

Get Connected

Beri Makan Ikan


    Free Automatic Backlink 1000 Backlinks Free 100K Backlinks Backlinks Center Free SEO Backlinks Instant Backlinks SEO Bookmarks Dofollow Backlinks Premium Backlinks Top SEO Backlinks 1000 Backlinks Free Auto Backlinks Dofollow Backlinks Text Back Links Exchanges MAJLIS LINK: Do Follow BacklinkLink Portal Teks TVAutoBacklinkGratisjapanese instant free backlink Free Plugboard Link Banner ButtonFree Automatic Backlink Service Free Backlink Service, Links Building 4 Free Free Backlink Services Free Automatic Backlink Best Backlinks daily Bookmarks Free 1000 Backlinks Auto Dofollow Backlinks Backlinks Builder Dofollow Backlinks Free Hundred Backlinks Submit Your Site To The Web's Top 50 Search Engines for Free! Submit ExpressSEO Tools Dental Assistant DirectoryAziende Resource Direktori Indonesia WoW Range Best Web Directory

Rumput Laut Sebagai Obat

diposting oleh bagusrn-fpk09 pada 06 November 2012
di Kesehatan - 2 komentar

Di perairan Indo-Malaysia, Van BOSSE (1928) telah mendapatkan sejumlah 629 jenis rumput laut yang kebanyakan di an-taranya adalah dari kelas algae merah. Selama ekspedisi Snellius 1985/86 telah dapat diidentifikasi pula tambahan jenis lainnya dari Indonesia (COPPEJANS 1987). Dibandingkan dengan jumlah jenis dari negara lain ternyata Indonesia termasuk negara yang memiliki jumlah jenis rumput laut yang banyak. Dari jumlah jenis tersebut baru sedikit saja yang pernah diteliti kemungkin-an potensinya untuk obat. HARLIN (1986) mengoleksikan sejumlah tidak kurang dari sepuluh jenis rumput laut yang berasal dari perairan Sulawesi untuk diteliti kandungan steroidnya. Ternyata  Sargassum siliquosum mengandung steroid yang tinggi dibandingkan dengan marga lainnya yang diteliti. SOEGIARTO et al. (1978) menyebutkan beberapa jenis rumput laut yang berkhasiat sebagai obat (Tabel 1).

Di Filipina, TRONO & GANZON-FORTES (1988) mendaftar sejumlah 352 jenis rumput laut yang termasuk ke dalam 43 marga yang bernilai ekonomis. Sebanyak 48 jenis dari 26 marga di antaranya dinyatakan berkhasiat sebagai obat. Ternyata pula bahwa dari 20'marga yang ada dalam daftar tersebut adalah terdapat di Indonesia. Dari sejumlah marga sejagat yang diketahui berkhasiat sebagai obat, sekitar 75 persennya terdapat pula di Indonesia (Tabel 1).



Beberapa marga yang disebutkan sebagai obat untuk anti kesuburan, anti tumor, penyakit jantung dan menurunkan darah tinggi yaitu marga  Acanthophora, Hypnea, Dictyopteris, Sargassum, Stylophora  dan Ulva adalah terdapat juga di Indonesia. Khu-sus mengenai  Acanthophora spicifera,  menurut WAHIDULA  et al  (1986) mengan-dung ekstrak "petroleum-ether" dan khlo-roform. Dari kedua ekstrak tersebut dapat diisolir senyawa kimia; sterol, kolesterol, asam lemak, stearik, palmitik, behemik (C22), asam arakhidik (C2O) dan methyl palmitat. Disebutkan juga bahwa rumput laut jenis ini mempunyai day a aktivitas anti rrrikroba "in vitro" terhadap  S. aureus, C. albicans  dan M. smegmates,  selain memiliki activitas anti kesuburan yang telah dicoba terhadap binatang. Sejumlah 43 jenis rumput laut dari kelas algae merah yang termasuk ke dalam tujuh suku, terdaftar mengandung sterol dalam bentuk ergosterol, desmosterol, cholesterol, campesterol dan enol. Rumput laut tersebut umumnya mengandung cholesterol dengan kadar sterol yang bervariasi (GOOD-WIN 1974). Kandungan desmosterol  Rhodymenia palmata  misalnya berkisar antara 30,6 - 97,2 % dari total sterol dan ini tergantung musim.

Download File Berformat PDF

2 Komentar

Nuzulul

pada : 06 November 2012


"rumput laut ya paling enak do bikin es rumput laut, hehe"


Bagus Rizki Novianto

pada : 07 November 2012


"bener banget itu..hhehe
selain enak dimakan, rumput laut juga banyak manfaatnya bro :D"


Tinggalkan Komentar

Nama :
E-mail :
Web : tanpa http://
Komentar :
Verification Code :   
   

Pengunjung

    819.747