Bagus Blog of Fisheries

Lets Improve Our Fisheries and Marine

Get Connected

Beri Makan Ikan


    Free Automatic Backlink 1000 Backlinks Free 100K Backlinks Backlinks Center Free SEO Backlinks Instant Backlinks SEO Bookmarks Dofollow Backlinks Premium Backlinks Top SEO Backlinks 1000 Backlinks Free Auto Backlinks Dofollow Backlinks Text Back Links Exchanges MAJLIS LINK: Do Follow BacklinkLink Portal Teks TVAutoBacklinkGratisjapanese instant free backlink Free Plugboard Link Banner ButtonFree Automatic Backlink Service Free Backlink Service, Links Building 4 Free Free Backlink Services Free Automatic Backlink Best Backlinks daily Bookmarks Free 1000 Backlinks Auto Dofollow Backlinks Backlinks Builder Dofollow Backlinks Free Hundred Backlinks Submit Your Site To The Web's Top 50 Search Engines for Free! Submit ExpressSEO Tools Dental Assistant DirectoryAziende Resource Direktori Indonesia WoW Range Best Web Directory

Tips Mengusir Nyamuk Dengan Bahan Alami

diposting oleh bagusrn-fpk09 pada 13 November 2012
di Kesehatan - 0 komentar


Saat ini banyak sekali nyamuk yang berkeliaran, penggunaan obat nyamuk pastilah diperlukan. Penggunaan obat nyamuk yang dijual di pasaran kebanyakan merugikan kesehatan manusia karena menggunakan bahan kimia yang lumayan berbahaya bagi manusia, selain itu tidak ada takaran dalam penggunaan obat nyamuk semprot. Obat nyamuk semprot juga mengganggu lingkungan dengan kandungan aerosol didalamnya yang bisa membuat pemanasan global.

 

Berikut ini beberapa bahan alami yang bisa digunakan sebagai pengusir nyamuk :

 

A . Ekstrak Serai

Proses Pembuatan
Serai dibuat dalam bentuk ekstrak. Ekstrak adalah sediaan kering, kental atau cair dibuat dengan “menyari” simplisia nabati atau hewani menurut cara yang cocok, di luar pengaruh cahaya matahari. Ekstrak serai dapat membunuh nyamuk karena ekstrak serai memiliki senyawa sitronela yang dapat menimbulkan efek desiscant atau kekurangan cairan.

Bahan bakunya ;

1. 1 ons batang dan daun serai dapur (kurang lebih 4-5 batang )

2. Gelas ukur ( jika tidak ada gunakan gelas biasa )

3. Pisau dan talenan

4. Timbangan

5. Blender ( jika ada )

6. 1 mangkuk

7. Saringan

8. 2 gelas ( gunakan gelas ukur jika ada )

9. Penyemprot ( sprayer )

10. Corong

Ekstrak kering harus mudah digerus atau campuran etanol dari air. Yang paling mudah dengan menghaluskan bahan ekstrak (diblender atau dipotong kecil-kecil), kemudian dicampur air sebagai pelarut.
1) a. Jika menggunakan blender, potong 1 ons daun dan batang serai dengan panjang kurang lebih 5 cm, blender sampai halus

b. Jika tidak menggunakan blender, potong 1 ons daun dan batang serai sampai kecil-kecil.

2) Masukkan serai yang sudah halus ke mangkuk, lalu rendam dengan 25 ml Air ( 1/8 gelas )

3) Rendam selama 1 hari

4) Perat lalu saring hasil rendaman tadi

5) Tuangkan ke sprayer

6) Encerkan dengan air. Rasio air : ekstrak = 3 : 1

7) 100 ml obat nyamuk dan semut alamiah siap digunakan

Ket: 1 batang serai beratnya 25-40gr.

Penggunaan ; semprotkan ekstrak serai dapur ke ruangan yang ingin disterilkan dari nyamuk . Atau semprotkan langsung pada sarang , jalan atau kerumunan semut untuk membunuh semut.Tutup ruangan rapat-rapat selama 15 menit .

 

B .Ekstrak Bawang Putih ( Allium sativa )

Nyamuk pergi karena bau yang sangat menyengat Karena di dalam bawang putih terkandung zat allicin yang menimbulkan aroma yang sangat kuat. Disamping itu bawang putih juga mengandung zat nicotinic acid yang membuat nyamuk pergi.

Bahan :
1) Bawang putih 500g
2) Air 250 ml
3) Minyak tanah 1 sdm
4) Sabun Cair 1 sdm

Cara Pembuatan
Pembuatan larutan bawang putih 500g ditambah air 250ml kemudian diblender ditambah minyak tanah 1 sendek makan dan diamkan 24 jam.
Setelah 24 jam disaring kemudian ditambah sabun cair 1 sendok makan larutan yang sudah jadi diencerkan dengan air perbandingannya 1 : 20.
Kemudian dimasukkan pada botol semprotan dan disemprotkan ke nyamuk

 

C . Obat Nyamuk Listrik dari Bunga Sukun

Serbuk bunga sukun ternyata lebih tahan lama dibandingkan dengan obat nyamuk elektrik merek terkenal. Sementara obat nyamuk pabrik hanya bertahan 18 jam nonstop, bunga sukun efektif mengusir nyamuk sampai 48 jam. “Lebih hemat,”

Bunga Jantan Pembasmi Nyamuk
Bahannya murah dan mudah ditemukan. Cara pembuatannya juga amat sederhana, cukup menumbuk bunga jantan kering, simpan dalam kertas tisu, tetesi air, dan dipasang pada alat pembasmi nyamuk elektrik. Dijamin nyamuk bakal mati, paling tidak ngacir dari kamar selama dua hari, begitu hasil penelitian mereka. Tidak ada bau menyengat seperti obat nyamuk dari bahan kimia. “Baunya alami, seperti bunga sukun saja, tidak mengganggu .Karena bahannya cuma bunga sukun dan air.”
1. Bunga jantan sukun dikeringkan.

2. Tumbuk bunga sukun sampai halus.

3. Serbuk bunga sukun diletakkan di atas kertas tisu. Kertas dilipat membungkus serbuk sampai berbentuk empat persegi panjang sebesar isi ulang obat nyamuk elektrik .

4. Basahi lipatan kertas tisu berisi serbuk dengan beberapa millimeter air

5. Pasang kertas tisu itu pada alat pembasmi nyamuk elektrik. Nyalakan

 

D. Penggunaan Daging dan Kulit Durian

Ternyata aroma buah durian yang khas dan menyengat dapat mengusir nyamuk tidak lagi hanya sebuah mitos, tapi telah terbukti secara ilmiah .Penelitian ini bertitik tolak dari asumsi bahwa nyamuk sangat takut dengan sumber bebauan yang menyengat, seperti bau kulit jeruk, bunga lavender atau bunga rosemary. Buah durian juga memiliki bau yang menyengat, disebabkan karena di dalam buah durian yang dikenal lezat ini terdapat kandung minyak atsiri dan alkohol.

Cara Pembuatan :

Cincang kulit buah durian sehingga menjadi potongan-potongan kecil. Potongan kulit ditimbang 100 gram ditambah daging durian 50 gram, lalu dihaluskan dengan blender. Untuk pelarutnya digunakan alcohol 70% sebanyak 25 mililiter, dan air 100 mililiter.
Larutan yang diperoleh itu kemudian diperas menggunakan kain ayakan. Proses berikutnya, bekas obat nyamuk elektrik dicelupkan ke dalam larutan itu selama lebih kurang 5 menit, lalu diangkat dan dijemur selama 1 sampai 3 jam, atau hingga tampak kering. Dengan demikian, obat nyamuk ini sudah bisa digunakan.

 

TANAMAN-TANAMAN PENGUSIR NYAMUK

1. Lavender
Tumbuhan lavender kerap kali digunakan sebagai bahan dasar lotion anti nyamuk. Bunga lavender memiliki aroma yang sangat harum. Tak perlu diproses menjadi pelembab kulit, cukup gosokkan bunga ini ke tubuh, dijamin nyamuk tak ada yang mau nempel dengan kulitmu.

2. Akar Wangi
Tumbuhan akar wangi dapat mengendalikan populasi nyamuk deman berdarah. Nyamuk demam berdarah konon sangat takut menghadapi tumbuhan akar wangi. Bau ngengat yang keluar dari tumbuhan ini cukup mematikan untuk nyamuk jenis itu.

3. Suren
Jika Anda memiliki lahan pekarangan luas dan dipenuhi dengan pepohonan, ada bagusnya Anda menanam tumbuhan suren. Tanaman ini terbukti sangat ampuh mengusir nyamuk. Tumbuhan yang bentuknya pohon berukuran 20 m ini memiliki daun dan kulit kayu yang beraroma tajam. Para petani kerap menanam suren di ladang-ladang pesawahan mereka, suren dipercaya juga dapat mengusir hama serangga tanaman.

4. Zodia
Tanaman Zodia adalah tumbuhan yang paling favorit sebagai pengusir nyamuk. Tanaman ini memiliki kandungan evodiamine dan rutaecarpine yang tak disukai serangga. Zat tersebut menghasilkan aroma yang tajam, jika tertiup angin aroma itu mudah sekali tersebar ke seluruh ruangan. Ada baiknya Anda menanam zodia dalam pot dan meletakkannya di salah satu sudut ruangan Anda. Ruangan Anda bebas nyamuk deh.

5. Geranium
Tanaman jenis perdu ini memiliki aroma yang cukup harum namun tidak disukai serangga. Pasalnya tanaman yang memiliki kandungan zat geraniol dan sitronelol ini bersifat antiseptik. Selain berkhasiat mengusir nyamuk, tanaman ini bisa menjadi penghijau ruangan Anda. Bentuknya yang indah bisa menjadikan tanaman ini sebagai media relaksasi mata.

6. Selasih
Yang terakhir adalah tanaman selasih. Selasih dipercaya mengeluarkan aroma yang cukup tajam bagi serangga. Tanaman ini paling cocok berada di dalam rumah. Letakkan sedikit lama dalam ruangan akan lebih membantu pengusiran nyamuk di rumah Anda. Sederhana dan sangat cinta alam bukan?

Pencegahan penyakit DBD sangat tergantung pada pengendalian vektornya, yaitu nyamuk Aedes aegypti. Pengendalian nyamuk tersebut dapat dilakukan dengan menggunakan beberapa metode yang tepat, yaitu :

1. Lingkungan
Metode lingkungan untuk mengendalikan nyamuk tersebut antara lain dengan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN), “3M Plus”, yaitu menutup, menguras, menimbun. Pengelolaan sampah padat, modifikasi tempat perkembangbiakan nyamuk hasil samping kegiatan manusia, dan perbaikan desain rumah. Seperti:
Menguras bak mandi/penampungan air sekurang-kurangnya sekali seminggu.
Mengganti/menguras vas bunga dan tempat minum burung seminggu sekali. Menutup dengan rapat tempat penampungan air.
Mengubur kaleng-kaleng bekas, aki bekas dan ban bekas di sekitar rumah dan lain sebagainya. Melipat / menghindari pakaian / kain yang bergelantungan di dalam ruangan dan pemakaian gorden berwarna gelap. Memakai pakaian pelindung , memasang kawat anti nyamuk , dan menjaga kebersihan rumah .

2. Biologis
Pengendalian biologis antara lain dengan menggunakan ikan pemakan jentik ( ikan adu/ikan cupang / Iwak Tempalo ), dan bakteri (Bt.H-14).

3. Kimiawi
Cara pengendalian ini antara lain dengan:
Memberikan bubuk abate (temephos) pada tempat-tempat penampungan air seperti, gentong air, vas bunga, kolam, dan lain-lain.Pengasapan/fogging (dengan menggunakan malathion dan fenthion), berguna untuk mengurangi kemungkinan penularan sampai batas waktu tertentu.Tapi hendaklah menjadi pilihan yang terakhir , karena faktor racun tersebut . Lagi pula hanya efektif selama 2-3 hari .
Paling tidak dengan cara-cara ini, kita bisa menjaga kelangsungan dan mencegah adanya pencemaran lingkungan dari obat batuk kimiawi dengan menggantinya dengan produk alami yang ramah lingkungan .Mari kita jaga dan kita rawat bumi kita ini.

 

Sumber : Sobatbumi.com

 

Tinggalkan Komentar

Nama :
E-mail :
Web : tanpa http://
Komentar :
Verification Code :   
   

Pengunjung

    819.745