Bagus Blog of Fisheries

Lets Improve Our Fisheries and Marine

Get Connected

Beri Makan Ikan


    Free Automatic Backlink 1000 Backlinks Free 100K Backlinks Backlinks Center Free SEO Backlinks Instant Backlinks SEO Bookmarks Dofollow Backlinks Premium Backlinks Top SEO Backlinks 1000 Backlinks Free Auto Backlinks Dofollow Backlinks Text Back Links Exchanges MAJLIS LINK: Do Follow BacklinkLink Portal Teks TVAutoBacklinkGratisjapanese instant free backlink Free Plugboard Link Banner ButtonFree Automatic Backlink Service Free Backlink Service, Links Building 4 Free Free Backlink Services Free Automatic Backlink Best Backlinks daily Bookmarks Free 1000 Backlinks Auto Dofollow Backlinks Backlinks Builder Dofollow Backlinks Free Hundred Backlinks Submit Your Site To The Web's Top 50 Search Engines for Free! Submit ExpressSEO Tools Dental Assistant DirectoryAziende Resource Direktori Indonesia WoW Range Best Web Directory

Ikan Bodyguard Sang Penjaga Karang

diposting oleh bagusrn-fpk09 pada 17 November 2012
di Perikanan - 0 komentar

 

Ternyata tidak hanya orang penting saja yang punya pengawal pribadi (bodyguard), karang pun demikian. 

Penelitian terbaru mengungkap bahwa ketika jenis karang tertentu punya pengawal yang akan melindunginya dari serangan rumput laut. Saat akan diserang, karang tersebut akan mengirimkan sinyal kimia untuk memanggil pengawal untuk menyelamatkannya.

Ilmuwan melakukan eksperimen dengan menaruh karang jenis Arcopora nasuta di dekat rumput lautCholoroesmis fastigiata yang punya senyawa kimia beracun bagi karang. Dalam eksperimen tersebut, ilmuwan juga menggunakan jenis ikan gobi.

Penelitian mengungkap, saat koral akan diserang, ikan gobi bergerak cepat untuk menggigit rumput laut pembunuh.

"Ikan kecil ini akan memotong rumput laut sehingga tak menyentuh karang. Ini terjadi sangat cepat, yang menjadi bukti bahwa ini sangat penting bagi ikan maupun karang. Karang melepaskan senyawa kimia dan ikan meresponnya dengan cepat," kata Mark Hay, biolog dari Georgia Institute of Technology, yang terlibat riset.

Observasi menunjukkan, adanya ikan gobi akan mengurangi kerusakan karang akibat rumput laut hingga 80 persen. 

Menguraikan bagaimana penyelamatan karang bisa terjadi, Hay mengatakan, "Ada sinyal atau bau yang menari dan membuat semua ini terjadi. Ikan telah berevolusi untuk memahami isyarat bau yang dilepaskan oleh karang dan mereka dengan cepat membereskan masalah."

Bagi gobi, perlindungan karang sangat penting. Dengan melindungi karang, gobi melindungi  diri dari kekurangan pangan. 

"Karang mendapatkan pengawal dengan bertukar sejumlah kecil makanan. Ini semacam membayar pajak untuk mendapatkan perlindungan polisi." tambah Hay seperti dikutip Livescience, Kamis (8/11/2012). 

Hasil studi ini dipublikasikan di jurnal Science minggu lalu.

Sumber : Kompas.com

Tinggalkan Komentar

Nama :
E-mail :
Web : tanpa http://
Komentar :
Verification Code :   
   

Pengunjung

    795.736